Bagi anak-anak tingkat sekolah dasar bisa dikatakan tingkat
konsentrasinya masih rendah, pada umumnya siswa sekolah dasar (SD) lebih senang
bermain dan sangat sulit berkonsentrasi. Contohnya masih banyak siswa SD yang
suka menangis, mengobrol, bermain, dan melakukan hal aneh lainnya.
Papalia (1995),
seorang ahli perkembangan manusia dalam bukunya “human development”, menyatakan
bahwa dunia anak-anak adalah dunia bermain.
Maka kita sebagai guru dituntut lebih kreatif dalam
menyampaikan pelajaran tanpa harus merampas hak seorang anak untuk bermain
walaupun siswa sedang berada didalam
kelas.
Contoh : saat siswa mengalami kesulitan dalam belajar
kata-kata bahasa inggris, maka kita bisa mengajarkan pada para siswa dengan
cara bernyanyi sehingga suasana kelas pun akan terasa lebih menyenangkan dan
materi pembelajaran yang kita ajarkan akan tersampaikan dengan baik.
Jamalus
(1988:46)berpendapat bahwa “kegiatan bernyanyi adalah kegiatan yang
menyenangkan bagi siswa dan mampu memberikan kepuasan padanya, serta alat bagi
anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya”.
Sebagai pengajar kita tidak boleh memaksakan siswa belajar
menghafal layaknya orang dewasa karena mereka akan jenuh dan bosan serta dapat
membuat siswa cepat lupa akan materi yang disampaikan sehingga kegiatan
bernyanyi sangat efektif untuk menghafal / melafalkan kosakata dengan benar,
dan meningkatkan konsentrasi siswa bahkan tanpa disadari dengan cara tersebut
siswa merasa senang serta tanpa kita sadari bahwa kita juga telah melatih otak
kanan dan kiri mereka.
Alfaridi (2006),
menyatakan bahwa lagu-lagu berbahasa
Inggris dapat membantu para guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif,
kreatif dan menyenangkan.
Nyanyian dan musik digunakan sebagai teknik dalam proses
pembelajaran bahasa Inggris. Musik yang memiliki berbagai kandungan elemen di
dalamnya dapat dijadikan salah satu bentuk fasilitas untuk mengembangkan
kemampuan kognitif anak. Tinggi nada memberikan kesempatan kepada anak untuk
melatih kepekaan pendengarannya. Perubahan-perubahan ritme atau irama musik
melatih anak untuk membedakan irama internal (inner
rhythm) serta kemampuan motoriknya (misalnya, jika dikombinasikan
dengan latihan gerak sesuai dengan liriknya).
Berikut adalah lagu-lagu Bahasa Inggris yang biasa saya dan
murid nyanyikan di kelas :
- GREETING
- Iramanya seperti lagu kalau kau suka hati
Selamat pagi itu good morning(good morning ..)Selamat siang itu good afternoon(afternoon)Selamat malam good eveningSelamat tidur good nightSelamat tinggal itu good bye(bye … bye …)
- ALPHABETS
A B
C
D
/ei/
/bi/ /si/ /di/
E F G H
/i:/ /ef/ / dʒi/ /eitʃ/
I
J
K
/ai/ /jei/
/kei/
L M N O
/el/ /em/ /en/ /ou/
P Q
R S
/pi/ /kju:/
/a:/ /es/
T U V W
/ti/ /yu/ /vi/ /dablyu/
X
Y Z
/eks/
/wai/ /zed/
Happy happy
I am happy
I can sing my ABC- COLOUR
- Iramanya seperti lagu pelangi - pelangi
Oh rainbow oh rainbow
how beautiful you are
you colour red yellow
and green in the blue sky
You painter is so great
Please tell me who he is
Oh rainbow oh rainbow
Is Allah creation- NUMBER
-
Iramanya seperti lagu sedang apa sekarang
one and one twotwo and two fourthree and threeas six for mefour and four eightfive and five tenlittle finger on my hand
- KATA KERJA
- Iramanya seperti lagu caca marica
marilah kawan, belajar bersama
belajar bahasa inggris, belajar kata kerja
sedang makan eating
sedang minum drinking
sedang bermain itu namanya playing
sedang membaca reading
sedang menulis writing
sedang belajar itu namanya studying
caca marica hehehehehe
caca marica hehehhehe
caca marica, inilah kata kerja
sedang menangis crying
sedang tersenyum smilling
dan sedang tidur itu namanya sleeping
caca marica hehehehhehe
caca marica hehehehehehe
lihatlah aku, t'lah pandai bahasa inggris ....
No comments:
Post a Comment